5 langkah amankan informasi di internet

                                           
   Lima Langkah Sederhana Amankan Informasi Di Internet.
Kejahatan bisa terjadi di mana saja, termasuk menggunakan internet. Untuk menjaga informasi pribadi kita, inilah lima langkah sederhana amankan informasi di internet.

Intisari-Online.com- Kehadiran internet tidak semuanya adalah hal baik. Ada beberapa hal yang perlu di waspadai. Misal memberikan informasi pribadi ke sebuah situs terpercaya atau tidak. Sebab, jika sembarangan maka informasi tersebut bisa disalahgunakan. Untuk itu, berikut lima langkah sederhana amankan informasi di internet.

1. Bermain dengan aman di media sosial

Percaya atau tidak, sebagian besar media sosial sekarang digunakan untuk mempublikasikan informasi yang pribadi. Walaupun tampak tidak berbahaya, namun tidak ada salahnya tetap waspada dengan segala jenis postingan Anda.

Misal alamat rumah, nomor telepon, atau lokasi di mana Anda dan keluarga sekarang berada. Mungkin boleh sesekali diberikan tapi jangan terlalu intens. Sebab, Anda bisa menjadi target kejahatan.

2. Jangan coba-coba transfer via media


Sebenarnya ini adalah salah satu kelebihan internet. Memudahkan segala sesuatu walau Anda tidak bergerak sedikit pun. Terutama soal pembayaran via internet. Tapi ada hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan. Seperti transfer via internet menggunakan WiFi gratis di tempat umum atau memberikan nomor rekening dan lain-lain di situs tidak jelas.

Jika ingin melakukan pembayaran via internet boleh tapi usahakan menggunakan paket data pribadi. Atau jika ingin membeli barang, carilah toko online terpercaya. Sehingga kemungkinan ada pencurian data berkurang.

3. Hapus data atau back up sehabis menggunakan




Apakah Anda pernah menjual laptop atau ponsel Anda? Jika ya, apakah sudah dihapus datanya secara permanen? Sebab, walau sudah hapus dari laptop atau ponsel, ada beberapa informasi yang masih tersimpan di mesin laptop atau ponsel. Jadi jika laptop atau ponsel sudah dijual apalagi dibuang, sebaiknya perhatikan bahwa informasi penting yang dulunya pernah tersimpan sudah terhapus secara permanen.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda bisa menyimpan seluruh informasi penting dari laptop ataupun ponsel di e-mail atau Google Drive. Tapi jangan lupa juga untuk melog-outnya setelah selesai.

4. Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi ketika tidak digunakan


Anda penggemar WiFi gratis? Jika iya, jangan gunakan WiFi terus-menerus apalagi jika itu termasuk WiFi gratis di tempat umum. Gunakanlah hanya pada saat-saat tertentu dan penting saja. Ini sebagai tindakan pencegahan pengambilan informasi dari laptop atau ponsel Anda.

Jika itu dikantor atau rumah tidak masalah. Tapi kita tidak tahu siapa orang dibalik WiFi gratis di tempat umum. Bisa saja mereka ada penjahat cyber yang sedang mencari korban.

Ini juga berlaku buat bluetooth. Jika tidak sedang mengirim atau menerima gambar, sebaiknya matikan bluetooth agar tidak bisa dideteksi orang jahat.

5. Menggunakan pasword komplek


Ada cara sederhana untuk mencuri data dari internet. Mereka bisa saja menebak password atau kata sandi dengan tanggal ulang tahun atau nama-nama yang Anda sukai. Apalagi jika orang tersebut adalah orang terdekat Anda.

Jadi sebaiknya jangan gunakan password yang sederhana, yang orang bisa menebaknya dengan mudah. Berilah password yang kompleks dengan gabungan antara huruf dan angka. Jangan juga menggunakan satu password untuk semua account media sosial Anda.

Begituh lah cara aman bermain internet sob,dari pada nanti nanti kita terapkan sekarang saja hacker sudah banyak sob berhati hati lah


Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

6 comments

Click here for comments
FajrInfo
admin
November 18, 2016 at 5:17 AM ×

Mantap gan. Sekarang jaman makin canggih, dan makin canggih pula para pencurinya, yaitu pencuri data dari internet..

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 5:49 AM ×

Iya sob mencegah itu lebih baik bukan

Reply
avatar
kesehatan
admin
November 18, 2016 at 5:51 AM ×

sangat membantu gan. semoga makin lancar ngeblognya.

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 5:57 AM ×

Iya sob terima kasih atas kunjungan anda

Reply
avatar
November 18, 2016 at 6:23 AM ×

ini sangat penting, saya pernah data saya hilang + tk di backup al hasil buat ulang

Reply
avatar
Unknown
admin
November 19, 2016 at 1:35 AM ×

iya semoga saja kali ini tidak lagi sob

Reply
avatar
Thanks for your comment